January 17 danangjp 0Comment

IMG_3197

Menjelajahi pulau dewata Bali memang tidak ada habisnya. Selalu ada hal menarik yang patut didatangi atau dicobai di sana. Tak heran jika belakangan pulau Bali dinobatkan sebagai pulau tujuan wisata terbaik kedua di dunia oleh sebuah majalah pariwisata berkelas internasional.

Menurut majalah tersebut, apa yang menjadikan Bali sebuah destinasi wisata yang sejak tahun 2009 selalu masuk dalam tiga besar terbaik di dunia adalah perpaduan antara keindahan alamnya, keunikan budayanya, dan keramahan penduduknya.

Kali ini, saya hendak mengulas salah satu dari ketiga hal tersebut yaitu keindahan alamnya. Bali memang adalah pulau yang lengkap. Ia memiliki pantai yang indah dengan pasir yang halus dan ombak yang dicari-cari oleh para peselancar dunia, juga memiliki alam pegunungan yang tak kalah menarik dengan foto teraseringnya selalu menghiasi majalah-majalah di seluruh dunia.

Nah, bila berwisata ke Bali, maka inilah 10 pantai yang wajib didatangi agar tak menyesal di kemudian hari.

1.Pantai Blue Lagoon di Kabupaten Karangasem

Pantai yang terletak sekitar 50 km dari Denpasar ini berdekatan dengan pelabuhan penyeberangan Padang Bai yang menghubungkan Bali dengan pulau-pulau di bagian timur.

Bila ditempuh dengan mobil, pantai ini bisa dicapai dalam waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam saja.

Tidak banyak orang yang tahu letak pantai yang berada di cekungan tebing ini. Begitu masih perawannya pantai berpasir putih ini hingga cukup dengan menyelupkan kaki sekitar satu meter dari bibir pantai saja, kita sudah bisa menikmati cantiknya ikan berwarna-warni yang berenang di sekitar pantai itu.

Untuk yang suka berjemur atau menikmati pantai tanpa membasahi tubuh, pantai ini menawarkan pemandangan yang spektakuler. Airnya biru, ombaknya yang tenang, serta cekungan tebing yang membuat pantai ini sedikit tersembunyi, sangat menarik untuk dinikmati.

Ada dua warung milik penduduk lokal di pantai ini. Masing-masing menyediakan makanan kecil dan tentunya minuman khas pantai: kelapa muda. Tidak hanya itu, bagi yang belum puas melihat ikan hias nan catik di bibir pantai, warung ini juga menyediakan peralatan untuk snorkeling.

Fasilitas untuk membasuh tubuh setelah bermain di pantai juga tersedia di tempat ini.

2.Pantai Padang Padang di Pecatu

Pantai ini adalah termasuk pantai langganan tempat dilaksanakannya perlombaan selancar air. Ombaknya yang indah, membuat pelombaan selancar di pantai ini selalu menarik untuk dilihat. Bagi penggemar selancar sendiri, mustahil rasanya tidak mengenal pantai ini.

Naik mobil ke pantai ini dari Denpasar hanya memakan waktu sekitar 20-30 menit. Jalan menuju pantai ini cukup unik. Pengunjung harus melewati tebing bahkan menyelinap di antara dua tebing yang berhimpitan.

Pantai dengan pasir putih nan lembut ini juga bisa dinikmati dengan sekedar berjemur atau sedikit-sedikit berenang di pinggiran pantainya.

Di hari-hari tertentu menjelang matahari terbenam, ada pertunjukan tari Kecak di area parkir. Bagi yang tertarik, dengan mengeluarkan sedikit uang untuk tiket masuk, bisa menikmati tari tradisional Bali yang bercerita tentang epos Ramayana ini.

3.Pantai Suluban di Pecatu

Pantai yang satu ini berada di bagian bawah sebuah tebing yang cukup tinggi. Perjalanan menuju pantai ini harus melewati anak tangga yang jumlahnya ratusan. Namun, segala lelah menuruni tangga akan terbayarkan ketika melihat indahnya pantai yang berpasir putih nan halus ini.

Beberapa tahun lalu pantai ini adalah salah satu pantai tersembunyi yang masih sangat perawan di Bali. Namun perkembangan di tahun-tahun belakangan membuat beberapa bagian dari pantai ini akhirnya dipergunakan untuk bangunan-bangunan baik penginapan, restoran, maupun fasilitas lainnya.

Tapi jangan takut, pantai ini tetap layak untuk didatangi karena keindahannya terutama di sore hari menjelang matahari terbenam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *